1

Peristiwa Gerhana Bulan dan Winter Solstice Bersamaan

Wednesday, June 22, 2011
Share this Article on :
Hai teman-teman ddiass^^
kali ini saya mau jelasin tentang Gerhana Bulan dan Winter Solstice.. apasih hubungannya ? pasti pada bingung kan? :p
aduh ddiass byk cincong nih ? okeoke langsung aja penjelasnnyaa^^ silahkan membaca


Jadi gini kawan.. Jarang banget fenomena Gerhana Bulan yang kemarin itu berbarengan dengan Winter Solstice.. Nah itu terjadi terakhir x kira2 400 tahun lalu^^Dalam catatan sejarah astronomi dunia, hal ini terakhir terjadi pada 1638 silam. Warna bulan berubah menjadi merah menyala di belahan bumi utara waktu Selasa menurut jam di sana lo bukan jam Indonesia^^

Di Inggris, pantulan sinar matahari membuat bulan muncul dalam warna oranye, coklat, merah dan hitam. Setelah pukul 06.30 pagi waktu setempat, bulan tampak seperti dimakan sedikit demi sedikit, menuju gerhana bulan penuh. Gerhana total terhadi pada pukul 07.40 waktu setempat dan berlangsung selama 73 menit.

Gerhana ini bisa disaksikan di Amerika tengah hingga utara, Inggris dan Skotlandia. Gerhana bulan merupakan peristiwa alam dimana posisi matahari, bumi dan bulan sejajar. Bulan memantulkan cahaya dari bumi karena sepenuhnya tertutup oleh planet biru ini.

Sedangkan Winter Solstice adalah titik balik musim dingin, dimana matahasi akan berada tepat diatas titik tropic of Capricorn. Posisi tersebut merupakan koordinat terendah dimana matahari dapat dilihat tepat diatas kepala saat siang hari. Nama tersebut berhubungan dengan posisi rasi Capricornus.

Peristiwa yang biasanya terjadi pada 20-an Desember ini menandakan awal musim dingin di belahan bumi utara dan musim panas di belahan bumi selatan. Saat Winter Solstice juga menandai malam terpanjang dan siang terpendek dalam satu tahun.

ente tau Winter Solstice ? nih yang disebut Winter Solstice


Nah itu yang disebut Winter Solstice ^^ jadi berbarengan sama Gerhana Bulan gan.. jarang banget kan O.o ane jg gk nyangka.. ane udah pernah sih liat ini fenomena tapi baru tau kalo amanya Winter Solstice ^^

Semoga gk di repost ini article.. Jangan lupa follow blog ane ya kalo bisa di CTRL + D  :p


Artikel Terkait:

1 komentar:

Justin bieber said...

wow.. great phenomenon O.o
i can't believe it.. Awesome

Post a Comment