0

VIDEO: Robot Selesaikan Rubik dalam 10 Detik

Sunday, June 12, 2011
Share this Article on :
 VIVAnews - Sebuah robot yang dinamakan Ruby berhasil menyelesaikan permainan Rubik hanya dalam waktu 10,69 detik. Ini merupakan rekor tercepat dalam menyelesaikan permainan puzzle kubus warna-warni ini.

Ruby adalah robot yang dikembangkan sejumlah mahasiswa Universitas Teknologi Swinburne, Melbourne, Australia. Dibuat sebagai proyek final dalam meraih gelar ganda di bidang Teknik (Robotik dan Mekatronik) dan Sains (Komputer dan Software), para mahasiswa Swinburne menggabungkan keahlian di bidang robotik dan software untuk menciptakan robot yang mampu mengkombinasikan vision tracking secara cepat dengan ketepatan gerak.

"Ruby bekerja dengan men-scan tiap sisi kubus secara cepat melalui webcam. Software logaritma untuk menghasilkan penyelesaian juga dikembangkan dalam robot yang bergerak cepat dengan sistem kontrol yang tepat," kata Profesor Chris Pilgrim, Deputi Dekan Fakultas Informasi dan Teknologi Komunikasi Universitas Swinburne.

Lihat videonya di tautan ini.

Adapun tim pembuat robot ini terdiri dari anak kembar David dan Richard Bain, Daniel Purvis, Jarrod Boyes, Miriam Parkinson, dan Jonathan Goldwasser.

Rubik merupakan permainan puzzle kubus tiga dimensi yang diciptakan oleh profesor di bidang arsitektur asal Hungaria, Erno Rubik. Sebelumnya, rekor penyelesaian Rubik tercepat dilakukan oleh robot Cubinator pada Oktober 2010, dengan waktu 18,2 detik.

Sedangkan rekor tercepat dalam menyelesaikan Rubik oleh manusia dipegang oleh Feliks Zemdegs dengan waktu 6,24 detik. Zemdegs menciptakan rekor itu dalam kejuaraan dunia Rubik, Kubaroo Open 2011, untuk kategori Rubik dengan bidang 3 x 3.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment